Teknik Panduan dan Konseling

Pekerjaan panduan dan pengarahan kerapkali dipandang sebelah pacar oleh orang2 yang malahan memiliki keperluan dengan bimbingan dan konseling itu tunggal, Misalnya, sambil siswa, inang mata pengajian, kepala madrasah, para pemegang kebijakan yg lain atau masyarakat. Tidak lumayan mereka yang beranggapan jika konselor / guru BK di sekolah hanya merampas gaji debil, tidak sungguh ada kerjanya, / hanya dianggap sebagai telatah embel-embel saja.

Ungkapan-ungkapan senewen semacam itu bisa ditepis jika saja konselor alias guru BK yang turut serta dapat menampilkan kinerjanya sekalian mampu melakukanadvokasi di sebelah hadapan mitra-mitra kerjanya di madrasah.

Di pangkal ini kira-kira tips http://emmawerdayani.com/ bagi melakukan pertahanan sekaligus dalam meyakinkan beraneka ragam pihak yang berkepentingan secara bimbingan dan konseling tatkala sekolah.



Tips Advokasi prima, pada tatkala sedang merasuk rapat, Kau minta waktu untuk bercakap dan perkataan Anda difokuskan pada hasil-hasil siswa sungguh memaparkan segala sesuatu yang telah dikerjakan konselor. Yang dimaksud dengan hasil - hasil siswa adalah bermacam-macam kemajuan yang dicapai siswa melalui campur tangan bimbingan dan konseling, bagus dalam sudut pandangan akademik, sosio-personal, maupun faktor karier.

Tips Advokasi ke-2, dukung perundingan Anda pada data-data, plus data bakal lebih bersuara keras mulai pada ocehan (data speak louder than words), manfaatkan chart atau grafik utk menggambarkan hasil-hasil siswa itu.



Tips Pembelaan ketiga, utk lebih menunjukkan bisa saja Anda menerima siswa utk berbicara untuk forum mewakili kepentingan Panduan dan Konseling atau penyelia, dengan mencipta kisah sukses (success story) mereka buat bantuan layanan bimbingan serta konseling yang sudah diterimanya.

Tips Advokasi keempat, program petunjuk dan pengarahan pada dasarnya merupakan investasi siswa di pondok pesantren pendidikan tersebut, maka dari itu konselor dituntut dapat menunjukkan pengembalian investasi tersebut pada bentuk hasil-hasil siswa mereka

Tips Pedoman kelima, berlaku layaknya seorang ”politisi” yang aktif mengerjakan berbagai lobby dan berkomunikasi dengan sekujur mitra kerja yang ada sehingga rencana bimbingan serta konseling bisa terwakili dalam setiap kata putus atau kebijakan di bersekolah.

Tips Pembelaan keenam, ciptakan akuntabilitas komitmen melalui laporan hasil bimbingan dan konseling, baik pengaduan harian, bulanan, atau tahunan.

Tentu tetap banyak cara lain yang bisa ditempuh untuk menunjukkan orang-orang tentang keberadaan layanan bimbingan & konseling pada sekolah, khususnya kepada orang2 yang mempunyai pemahaman mengacau tentang kerelaan Bimbingan & Konseling dalam sekolah.

Write a comment

Comments: 0